Rabu, 23 Februari 2011

Twin Pedal

Cara Bermain Twin Pedal Dengan benar


Teknik Double Pedal
Permainan double pedal tidak dapat anda pelajari hanya dengan membaca notasi karena untuk memainkan double pedal perlu suatu teknik yang susah didapat dengan sendirinya. Untuk memainkan double pedal perlu keseimbangan badan, koordinasi yang baik, serta control. Sepertinya mudah untuk memainkan double pedal pada sebagian pemain drum, tetapi jika tidak menggunakan teknik, mereka tidak akan merasa nyaman (menjai beban). Banyak orang beraggapan, pemain drum yang dapat bermain double pedal dalamwaktu lama adalah orang yang kuat dan mempunyai stamina tinggi. Pendapat seperti itu tidak seluruhnya benar karena jika anda memainkan double pedal dengan teknik yang benar, anda tidak merasa lelah saat memainkannya.

Permainan double pedal sebenarnya dipelopori oleh drummer big band, Louie Belson, tahun 1950-an. Louie menggunakan dua bass drum. Saat itu merupakan sesuatu yang aneh. Akan tetapi, banyak orang mulai meniru. Lalu, awal tahun 1980-an ditemukan pedal bass drum yang dinamakan twin pedal. Guna twin pedal adalah pemain dapat memainkan teknik double pedal hanya dengan menggunakan satu bass drum saja.
Salah seorang drummer yang sangat terkenal dengan permainan double pedal ialah Lars Ulrich. Ia mempunyai cara berbeda dalam memainkan double pedal, yaitu menggunakan ghost note pad permainan double pedal di hamper setiap lagu, terutama saat melakukan pertunjukan. Virgil Donati, drummer asal Australia, membuat suatu gebrakan baru dalam permainan drum. Ia memainkan double stroke roll pada double pedal-nya sehingga menghasilkan suara double pedal dengan kecepatan luar biasa. Dennis Chamber selalu memainkan triplet roll dan teknik cross stepping pada double padal-nya sehingga memberikan suara yang tidak lazim dibandingkan dengan permainan double pedal pemain lain.

Prinsip pada permainan double pedal sebenarnya mudah, yaitu buatlah kaki anda sama lincah dengan tangan anda. Jika tangan anda dapat bermain cepat, mengapa kaki anda tidak ?

Pokoknya hal yang terpenting dalam teknik double pedal adalah control, keseimbangan badan, kekuatan, tempo yang konstan, serta kondisi tubuh rileks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar